Penyebab Kanker Serviks Dan Pencegahannya

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada leher rahim seorang wanita. Ini biasanya berlangsung perlahan-lahan sampai menjadi kanker invasif. Kanker invasif berarti bahwa sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain. Dalam kasus kanker serviks, sel-sel kanker akan mempengaruhi vagina, rektum, kandung kemih, paru-paru dan hati.

Penyebab dan Faktor Risiko

Beberapa faktor risiko kanker serviks termasuk infeksi sebelumnya dengan human papillomavirus (HPV), berganti-ganti pasangan, menggunakan kontrasepsi oral, kontak seksual dini dan merokok. Ada penelitian yang dilakukan dan menetapkan hubungan yang kuat antara HPV dan perkembangan kanker pada leher rahim. Kontak seksual dini dan pasangan seksual memberikan kontribusi terhadap perkembangan kanker karena HPV menular seksual. Merokok juga merupakan faktor risiko karena zat kimia dalam rokok dapat menyebabkan perubahan prakanker pada sel-sel leher rahim.

Tanda dan Gejala

Banyak tanda-tanda dan gejala kanker serviks sering diabaikan karena banyak wanita berpikir bahwa mereka terkait dengan penyakit lain. Bentuk kanker juga dapat asimtomatik, yang berarti bahwa ia tidak memanifestasikan tanda-tanda dan gejala pada tahap awal.

– Nyeri pada saat kencing atau buang air besar

– Mengalami keputihan

– nyeri punggung bagian bawah

– Pendarahan abnormal dari vagina seperti bercak darah antara periode menstruasi, keluar darah setelah berhubungan badan, bercak darah setelah tahap menopause, mengalami sakit yang luar biasa ketika menstruasi.

– Nyeri ketika berhubungan badan, pendarahan di vagina sering didahului oleh rasa sakit selama berhubungan badan hal ini mungkin disebabkan oleh meningkatnya kepekaan atau peradangan pada jaringan dan otot-otot leher rahim. Pada tahap lanjut, nyeri di daerah ini merupakan indikasi bahwa sel-sel kanker telah menyebar ke daerah sekitarnya.

Diagnosis

Diagnosis kanker serviks pada tahap awal sangat penting bagi keberhasilan pengobatan kanker. Salah satu metode diagnosis yang paling penting digunakan untuk mendeteksi kanker ini adalah tes Papanicolaou juga dikenal sebagai Pap Smear. Prosedur diagnostik lainnya termasuk serviks biopsi, kolposkopi (pemeriksaan leher rahim dengan menggunakan mikroskop khusus) dan x-ray.

Pengobatan

Pengobatan kanker serviks seperti yang disebutkan di atas memiliki persentase keberhasilan yang tinggi ketika kanker terdeteksi dalam tahap prakanker nya. Histerektomi atau pengangkatan rahim adalah pengobatan yang umum. Biopsi kerucut juga merupakan pilihan terutama bagi mereka yang ingin tetap subur. Terapi radiasi dan kemoterapi juga dilakukan bersama-sama dengan perawatan lainnya.

Pencegahan

Kanker serviks dapat dicegah, pencegahan dapat dilakukan dengan cara memeriksa pap smear secara teratur. Sejak diperkenalkannya Pap smear, terjadinya kanker leher rahim telah menurun secara signifikan. Pap smear tersedia di klinik dan rumah sakit kanker.

• Karena merokok merupakan salah satu faktor risiko kanker serviks, wanita tidak boleh merokok dan menghindari perokok

• Menghindari seks bebas juga sangat penting dalam pencegahan kanker ini.

• Wanita yang aktif seksual harus selalu meminta pasangan mereka untuk menggunakan kondom.

• Selain itu, membatasi pasangan seksual Anda. Hal ini tidak hanya mencegah kanker serviks, tetapi penyakit menular seksual lainnya juga.

• Vaksin HPV juga tersedia yang diberikan kepada perempuan berusia 27 tahun atau di bawah.

One response to this post.

  1. […] Januari 18, 2013Leave a reply […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RizcaFitria

Facilitating Learning

Personal Growth Specialist

Follow Your Path, Fulfill Your Destiny, Build Your Legacy

Jejak-jejak yang Terserak

If Better is Possible, Good is Not Enough

Wordpress of Muchopick

Kumpulan artikel yang unik, cantik dan menarik.

RUMAHKU SURGAKU

Aktivitas Hidupku...........

%d blogger menyukai ini: