Awas Penyakit Lidah !

Oleh:Qilla Salafy

Selama ini yang kita tahu tentang penyakit lidah itu adalah penyakit yang berhubungan dengan cara bicara yang tidak baik. Maksudnya menggunakan mulut untuk berbicara hal-hal yang tidak baik, yang merugikan diri sendiri maupun orang lain, atau  lebih cenderung pada penyakit hati.Tapi yang akan saya tuliskan disini adalah benar-benar penyakit lidah yang sebenarnya. Hal ini diawali dengan beberapa bulan terakhir saya sempat mencari info sana sini seputar penyakit lidah. Ini disebabkan karena ada sesuatu yang salah dengan lidah saya. Keluhan pertama yang saya alami adalah rasa gatal di sekitar pinggiran lidah sebelah kiri, tak berapa lama kemudian munculah benjolan seperti bentol, tapi agak besar dan ini mengganggu sekali karena lidah terasa agak  sedikit kelu.

Keesokan harinya gatalpun berpindah ke sisi yang lain dan pasti diakhiri dengan munculnya bentol. Meskipun saya sudah search kemana-mana tapi tak ada satupun yang keluhannya sama dengan keluhan saya. Tapi setidaknya saya menjadi banyak tahu seputar penyakit lidah ini. Dan ternyata keluhan yang saya alami hilang dengan sendirinya.Agak sedikit menjijikan memang setelah melihat beberapa gambar, tapi kita harus tahu bahwa sekecil apapun penyakit janganlah kita anggap sepele. Dari beberapa artikel yang saya baca maka terkumpullah nama-nama penyakit lidah berikut penyebabnya:

1. Oral Candidosis

Oral Candidosis ini penyebabnya adalah jamur yang disebut candida albicans. Gejalanya adalah lidah seperti diselimuti lapisan berwarna putih, tapi lapisan ini dapat dikerok

2. Attropic Glossitis

Atripic Glossitis ini sering ditemukan. Ciri-cirinya adalah permukaan lidah akan tampak mengkilat baik sebagian maupun keseluruhan. Penyakit ini biasa ditemukan pada penderita penyakit kekurangan zat besi atau pada para penderita anemia

3. Geografic tongue

Geografic Tongue biasanya bagian  atas lidah berbentuk peta atau berbentuk pulau-pulau. Biasanya yang berbentuk pulau ini permukaannya licin dan berwarna merah. Dan apabila sudah parah, pulau-pulau ini akan dikelilingi pita-pita putih tebal.

4. Fissured Tongue

Fissured Tongue, lidah akan terlihat pecah-pecah kadang hanya garis satu ditengah-tengah kadang juga bercabang-cabang.

5. Glossopyrosis

Untuk Glossopyrosis ini tak terlihat kelainan pada lidahnya hanya ada keluhan dimana lidah terasa sakit dan panas terbakar, tetapi tidak ada gejala apapun dalam pemeriksaan. Hal ini kebanyakan disebabkan karena gangguan psikosomatis dibanding dengan kelainan saraf.6. Kanker Lidahpenyakit lidah yang paling menakutkan, Kanker lidah, penyakit ini sering ditemukan pada para perokok berat. Bagi para perokok, masih mau merokok?

lihatlah resiko terkena penyakit ini ada di depan mata.Sumber gambar : nienpaper.co.ccRongga mulut adalah gerbang utama menuju kesehatan. Dan kebersihan rongga mulut ini  merupakan cerminan dari kesehatan tubuh kita. Jagalah rongga mulut kita, tidak hanya gigi, tetapi lidahpun harus kita biasakan untuk dibersihkan setiap hari agar terhindardari gangguan jamur candida dengan alat pembersih lidah.

Semoga dengan tulisan ini, kita lebih bisa menjaga kesehatan rongga mulut  terutama gigi dan lidah, supaya penyakit pun segan menghampiri tubuh kita.
Sumber :Erna Lilis RSGM FKG Unej Bagian Penyakit Mulut
@QillaHealth27062012
Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RizcaFitria

Facilitating Learning

Personal Growth Specialist

Follow Your Path, Fulfill Your Destiny, Build Your Legacy

Jejak-jejak yang Terserak

If Better is Possible, Good is Not Enough

Wordpress of Muchopick

Kumpulan artikel yang unik, cantik dan menarik.

RUMAHKU SURGAKU

Aktivitas Hidupku...........

%d blogger menyukai ini: