Ladies, Yuk Cegah Kanker Payudara dengan 5 Cara ini !

Oleh: Ade Ayu Fitri Atmaja

Cara mencegah kanker payudara umumnya dicari banyak kaum wanita. Meskipun penyakit ini bisa juga menyerang pria dan tak mengenal usia. Untuk itu, penting mencegahnya sedari dini sekalipun usia muda.Banyak yang bilang menjadi wanita itu sedikit lebih repot dibandingkan pria. Mulai dari pentingnya perawatan muka hingga perawatan vagina. Juga termasuk perawatan payudara, kompasianer mungkin bertanya-tanya adakah cara yang tidak merepotkan dalam mencegah kanker payudara.

Sebenarnya, tidak ada cara yang merepotkan, hanya saja kadang kita malas untuk melaksanakannya padahal demi kesehatan. Bila sudah datang penyakitnya, barulah menyesal.Tak terkecuali kanker payudara, yang dikhawatirkan semua wanita. Saya ingin berbagi langkah-langkah melindungi diri dari kanker payudara yang ditulis oleh NY Daily News (15/10) berikut ini.Kenali sejarah penyakit keluarga

Apakah ada anggota keluarga yang pernah terkena kanker payudara? Cari tahu dan lakukan tes genetik untuk memastikan apakah Anda memiliki mutasi BRCA 1 dan 2 yang disebut‘gen kanker payudara’. Langkah ini sebagai antisipasi.

Kurangi alkohol

Bila Anda termasuk yang sulit melepaskan diri dari jeratan alkohol, kurangilah dengan hanya satu gelas sehari. Lebih baik lagi bila Anda menghentikan kebiasaan minum alkohol. Sebab, semakin banyak alkohol yang Anda minum maka semakin besar risiko Anda terkena kanker.

Perhatikan berat badan

Cara menjaga berat badan tubuh tentu banyak, misalnya mengkonsumsi makanan sehat dan sering makan sayur juga serat. Bila Anda memiliki berat badan yang berlebihan, obesitas pun datang dan risiko kanker payudara meningkat.

Olahraga

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga 10-19 jam setiap minggu memiliki risiko kanker payudara 30 persen lebih rendah dibanding wanita yang tak berolahraga. Kegiatan aktif membuat penderita kanker lebih mungkin untuk sembuh dibanding penderita yang pasif. Jadi, tak ada alasan lagi untuk Anda malas berolahraga minimal seminggu sekali.

Lakukan mammogram

Bagi Anda yang berusia 40 tahun, lakukan mammografi untuk mencegah atau menyembuhkan kanker payudara. Alat ini bisa melakukan deteksi terhadap kanker sebelum gejala-gejalanya muncul.Selain lima langkah di atas, banyak cara pencegahan lainnya seperti hindari merokok, sering konsumsi kedelai dan kurangi makanan berlemak. Ingat selalu, gaya hidup sehat Anda hari ini berpengaruh pada kesehatan masa depan.

Source : Kompasiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RizcaFitria

Facilitating Learning

Personal Growth Specialist

Follow Your Path, Fulfill Your Destiny, Build Your Legacy

Jejak-jejak yang Terserak

If Better is Possible, Good is Not Enough

Wordpress of Muchopick

Kumpulan artikel yang unik, cantik dan menarik.

RUMAHKU SURGAKU

Aktivitas Hidupku...........

%d blogger menyukai ini: