16 Makanan yang Mencegah Kanker Payudara

Oleh:Ucu Sutarsa

Sekitar 1 dari 8 wanita di Amerika akan mengembangkan kanker payudara pada usia 95 tahun.Genetik memainkan suatu peranan kuat dalam beberapa kasus, tapi gaya hidup dan faktor-faktor pola makan mungkin juga memainkan suatu peran dalam banyak kasus.Berikut ini 17 makanan yang mungkin membantu mencegah kanker payudara, atau mencegahnya agar tidak menyebar begitu kanker sudah berkembang.

1. Kunyit—Dalam suatu studi pada tikus, para peneliti menemukan bahwa kunyit membantu mencegah kanker payudara agar tidak menyebar ke paru-paru.

2. Blueberries—Menurut suatu studi, phytochemical di dalam blueberries bekerja sama untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran dari kanker payudara.

3. Tomat–  Tomat itu tinggi dalam lycopene, yang telah terbukti mampu menurunkan resiko kanker payudara.

4. Avocados—Avocados itu tinggi dalam oleic acid, dimana berbagai studi telah menemukan mampu mencegah kanker.

5.  Brussels Sprouts—Brussels sprouts dan semua sayuran cruciferous lainnya mengandung glucosinolates yang merupakan pembasmi kanker yang ampuh.

6. Pomegranate Juice—Penelitian di Irael menunjukkan bahwa pomegranate juice menghancurkan cell-cell kanker payudara tanpa mengganggu cell-cell yang sehat. Pomegranate juice juga mungkin mencegah cell-cell baru dari kanker payuadara agar tidak terbentuk.

7. Flaxseed Oil—Flaxseeds banyak mengandung lignans, yang memberikan perlindungan terhadap kanker payudara.

8. Green Tea—Studi-studi menunjukkan bahwa green tea menurunkan resiko dari pengembangan kanker payudara dan mencegahnya agar tidak menyebar pada wanita yang sudah menderita penyakit ini. Itu dikarenakan zat yang terdapat di dalam green tea yang disebut EGCG.

9. Bawang putih—Studi-studi menunjukkan bahwa bawang putih membunuh cell-cell kanker payudara dalam uji coba. Penelitian telah menemukan bahwa memasak daging dengan bawang putih akan mengurangi zat-zat carcinogenic di dalam daging masak yang mungkin berhubungan dengan kanker payudara.

10. Broccoli—Broccoli mengandung indole-3-carbinol, sebuah zat yang memerangi kanker payudara dengan cara mengubah jenis dari estrogen yang menyebabkan kanker untuk menjadi suatu jenis estrogen yang lebih mampu mencegah kanker.

11. Cauliflower—Sama seperti broccoli, cauliflower adalah sumber yang sangat bagus untuk indole-3-carbinol.

12. Bayam—Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan bayam minimal dua kali seminggu punya tingkat resiko setengah kali lebih kecil rendah dibanding wanita yang tidak makan bayam.

13. Grapefruit—Studi-studi menunjukkan bahwa grapefruit mungkin menghambat cell-cell kanker payudara agar tidak berkembang biak.

14. Dark Cherries—Studi-studi pada tikus menemukan bahwa sebuah zat di dalam cherries mungkin menghambat kanker payudara.

15. Kelp—Sebuah studi di UC Berkeley menemukan bahwa suatu diet yang tinggi dalam kelp menurunkan level serum estradiol pada wanita dan memiliki sifat-sifat phytoestrogenic. Rumput laut juga mengandung chlorophylones, yaitu fatty acids mungkin membantu dalam pencegahan kanker payudara. Selain itu, kelp mengandung fucoidan, yang telah di temukan dalam studi-studi mampu memicu apoptosis (kematian cell) dari cell-cell kanker.

16. Artichokes—Penelitian menemukan bahwa ekstrak daun artichoke memicu apoptosis dan mengurangi perkembang biakan cell di berbagai jenis kanker. Satu studi di Italia menemukan bahwa flavanoid di dalam artichokes mengurangi resiko dari kanker payudara.

Source : Kompasiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RizcaFitria

Facilitating Learning

Personal Growth Specialist

Follow Your Path, Fulfill Your Destiny, Build Your Legacy

Jejak-jejak yang Terserak

If Better is Possible, Good is Not Enough

Wordpress of Muchopick

Kumpulan artikel yang unik, cantik dan menarik.

RUMAHKU SURGAKU

Aktivitas Hidupku...........

%d blogger menyukai ini: